3 Aplikasi Project Management Ini Cocok Untuk Bisnis UKM dan Startup



Untuk perusahaan skala besar, mungkin sudah familiar dengan software seperti ERP, software accounting, HRD software, CRM, dan deretan software lainnya yang biaya implementasinya bisa mencapai ratusan hingga milyaran rupiah.

Lalu, bagaimana dengan perusahaan skala kecil dan menengah? Bagaimana mereka bisa menjadikan operasional bisnisnya efisien jika harga software semahal itu?

Untungnya, saat ini sudah banyak bermunculan software dan aplikasi cloud untuk perusahaan skala kecil menengah dan startup. Salah satunya adalah software project management. Menjadi seorang leader dalam sebuah proyek untuk perusahaanmu memang bukanlah hal yang mudah. Anda tak hanya dituntut untuk mempersiapkan dan merencanakan, tetapi juga eksekusi serta evaluasi.

Accounting Management System dari HashMicro
Jika Anda merasa project management masih belum sempurna, sering terbengkalai, dan tidak sesuai dengan rencana, maka Anda bisa memulai project ini dengan deretan aplikasi alternatif yang dapat Anda gunakan. Yuk, kita ulas satu per satu!

Wrike

Aplikasi pertama yang dapat Anda gunakan adalah Wrike. Aplikasi ini diklaim menjadi solusi proyek end-to-end yang kuat dan menyediakan layanan kolaborasi yang praktis. Sistem ini dibangun untuk meningkatkan skala bisnis Anda dan mendorong hasil tim dan proyek yang lebih banyak.

Selain memungkinkan Anda untuk melihat gambar yang lebih besar, Anda dapat melihat dan berkontribusi dalam folder, tugas, dan subtugas. Dengan ini, Anda akan lebih mudah melacak kontribusi individu dalam sebuah kerja tim.

Wrike bahkan memenangkan penghargaan The Best Software for Project Management pada tahun 2018 lalu. Fitur inti dari aplikasi ini mencakup Gantt Chart, manajemen sumber daya, scheduling, pengaturan anggaran, sinkronisasi email dan kalender, pemeriksaan dan persetujuaan, dan lain-lain.

Software ini bahkan tersedia dalam berbagai ukuran tim. Jadi jika Anda lebih dari 10 orang dalam satu project, hal tersebut bukanlah masalah. Untuk harga, software ini mematok harga US$ 9.80 per pengguna per bulannya.

Monday.com

Monday.com merupakan salah satu aplikasi project management yang wajib Anda coba. Aplikasi ini menargetkan seluruh varian ukuran perusahaan bahkan UKM sekalipun. Software project management satu ini mampu menyederhanakan cara tim kerja dengan pengelolaan beban kerja yang baik serta meningkatkan komunikasi. Software ini mampu mengatur jadwal serta rencana kedepannya dengan menggunakan timeline visual sehingga seluruh anggota tim dapat melihatnya dengan mudah.

Hal yang istimewa dari Monday.com adalah aplikasi ini mampu membuat sebuah manajemen proyek walaupun Anda hanya memiliki 5 orang pengguna saja. Untuk maksimalnya, Monday.com bisa Anda gunakan hingga 200 anggota tim. Sistem ini diskalakan untuk kolaborasi tim dalam berbagai ukuran. Untuk harga, aplikasi ini dibanderol seharga US$ 25 er bulannya.

Asana

Asana diklaim menjadi salah satu software yang efektif untuk mengelola pekerjaan proyek tim Anda. Dimulai dari melaksanakan promosi, hingga mengembangkan sebuah produk. Software satu ini juga cocok digunakan untuk perusahaan kecil yang sedang beralih ke proyek yang lebih kompleks.

Untuk harga paketnya dinilai sangat murah, karena software ini memiliki tiga opsi, yaitu gratis, premium, dan corporate. Perangkat lunak ini memiliki fitur paling komprehensif bahkan pada mode gratisnya. Perangkat ini dapat digunakan oleh 15 anggota, mulai dari live chat hingga penyelesaian tugas yang valid.


Itulah beberapa deretan software project management yang direkomendasikan untuk digunakan. Software ini akan sangat membantu untuk project-project seperti pembuatan software, pengembangan dan pembuatan website, pembuatan aplikasi mobile, menjalankan digital campaign untuk klien, dan project lainnya yang melibatkan anggota tim lain di perusahaan Anda, tanpa harus selalu bertatap muka secara fisik.

Untuk menentukan mana software project management, tentu akan bergantung pada kebutuhan serta budget yang Anda miliki. Kira-kira dari deretan di atas, software mana yang akan Anda pilih?

Posting Komentar

0 Komentar